Sabtu, 31 Oktober 2015

Perlukah Pria Merawat Kulit Wajah?



 
Merawat wajah kini bukan merupakan rutinitas yang dilakukan oleh wanita saja, tapi juga oleh pria. Belakangan ini, banyak pria yang tak lagi segan merawat wajah untuk kesehatan kulitnya. Perawatan wajah mendasar yang dilakukan pria memang tidak sebanyak wanita, tapi tetap penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajahnya. Beberapa di antaranya adalah:
  1. Rutin Membersihkan Wajah
    Pria umumnya memiliki pori-pori yang lebih besar dan kelenjar minyak yang lebih aktif dibanding wanita. Itu sebabnya membersihkan wajah jadi suatu kewajiban. Umumnya pria lebih memilih membersihkan wajah dengan sabun biasa daripada produk khusus untuk membersihkan wajah . Tapi pria dengan kulit kering disarankan untuk menggunakan pembersih khusus, terutama pembersih yang mengandung pelembab seperti vitamin E, olive oil, dll.
  2. Bercukur dengan Krim
    Jangan remehkan peran krim cukur untuk merawat kulit, karena produk ini mencegah pisau cukur menggores kulit Anda. Selain itu, aftershave lotion yang digunakan setelah mencukur biasanya mengandung antiseptik yang mencegah infeksi serta pelembab yang melembabkan kulit. Gunakanlah aftershave yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol bisa membuat kulit wajah menjadi kering.
  3. Pelembab Wajah
    Kulit pria dan wanita cenderung bertambah kering sejalan dengan bertambahnya umur, karena produksi minyak alami pada kulit semakin lama makin berkurang. Pada pria, masalah kulit kering diperparah dengan rutinitas mencukur tiap hari yang membuka pori-pori dan membuang minyak alami pada kulit wajah. Jadi, tak ada salahnya pria menggunakan pelembab wajah, terutama yang mengandung vitamin A, C, dan E yang mencegah penuaan dini.
  4. Tabir Surya
    Bahaya sinar matahari pada kulit juga dirasakan oleh pria, lho. Jadi, penggunaan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama tidak hanya penting untuk kecantikan, tapi juga untuk kesehatan, termasuk untuk mencegah kanker kulit. Para ahli menyarankan penggunaan tabir surya dengan setidaknya SPF 15-30 setelah bercukur setiap hari.
 Selengkapnya: http://www.eciputra.com/berita-6517-perlukah-pria-merawat-kulit-wajah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar