Jumat, 09 Oktober 2015

3 Tantangan yang Harus Ditaklukkan Sebelum Delegasikan Tugas

Artikel Review
Wednesday, 18 June 2014  sekitar setahun yang lalu   (hits 208)


Meskipun manfaat dan keharusan mendelegasikan tugas kadang sering dilakukan oleh entrepreneur, mereka seringkali merasa kurang nyaman melakukannya. Namun, Anda mengasah ketrampilan Anda, Anda akan merasakan ketakutan menghilang dan staf Anda akan mendapatkan kepercayan diri dan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. 

Atasilah kecemasan umum seperti:
"Semua ini akan lebih baik dan lebih efektif saya lakukan sendiri."
Jumlah waktu yang Anda harus habiskan untuk merencanakan pendelegasian tugas seperti ini tidak akan sia-sia. Dengan makin tingginya rasa kepemilikan para pegawai, mereka akan menerima lebih banyak tanggung jawab dan mengambilnya dari tangan Anda. 

"Bagaimana jika saya tidak diikutsertakan di dalam pengambilan keputusan?"
Mungkin itulah ketakutan Anda selanjutnya.Berpindah dari seorang spesialis menjadi generalis memang sukar dan akan menyulitkan untuk menyerahkan tugas yang menjadi keahlian khusus Anda dan menjadi alasan mengapa Anda menyukai pekerjaan Anda. Misalnya, Anda seorang programmer yang berbisnis, pastinya Anda cenderung lebih tertarik mengerjakan sendiri urusan programming bisnis Anda bukan? Gunakan keahlian Anda untuk memandu anggota-anggota staf. Anda masih akan dilibatkan sebagai pimpinan bisnis namun dengan cara yang lebih baik. 

"Namun, mereka tidak segera menyelesaikannya!"
Daripada mencoba mengendalikan cara pekerjaa dilakukan, sampaikanlah standar kualitas yang Anda harapkan pada karyawan yang diserahi tanggung jawab. Gunakan keahlian Anda untuk memandu anggota tim. Dan jangan lupa bersikap terbuka untuk menerima dan menerapkan berbagai pendekatan yang berbeda. Seorang pegawai mungkin memiliki metode yang berbeda dari Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. (hbr/ap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar