Kamis, 15 Oktober 2015

Manfaat Mengkonsumsi Vitamin C Bagi Kulit



 
Vitamin C pada dasarnya sering dianggap sebagai obat penyembuh sariawan, sakit gigi, dan semacamnya. Padahal di balik itu semua justru terdapat banyak sekali manfaat mengonsumsi vitamin C untuk kulit. Apa sajakah manfaatnya?
Manfaat mengonsumsi vitamin C untuk kulit sangat beragam. Dalam mengatasi permasalahan kulit, vitamin C bisa dijadikan sebagai antioksidan untuk memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak akibat radikal bebas yang tidak bisa ditangkal. Vitamin C juga berperan penting dalam kelangsungan peredaran darah sehingga menjadikan kulit terlihat lebih segar. Vitamin C juga mampu merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari beragam kerusakan. Kolagen dibentuk dari adanya produksi hidroksiprolin dan hidroksilin yang memiliki fungsi untuk mengikat molekul penghasil kolagen. Kolagen juga mampu meremajakan kulit, sehingga kulit tidak kusam. Inilah yang kemudian menjadikan kulit semakin kencang

Kebaikan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat dan teratur dapat menghambat adanya proses penuaan dini , menghaluskan kulit, serta membentuk pigmen di kulit. Dengan begitu kulit lebih terlihat bersih dan cerah. Selain itu, dalam merawat kulit, vitamin C juga bisa menjadi perisai bagi kulit terhadap cahaya matahari. Paparan sinar matahari akan terhalang oleh adanya kandungan vitamin C yang mengandung antioksidan. 

Sumber yang bisa Anda cari untuk menemukan vitamin C adalah buah-buahan dengan rasa asam, seperti jeruk, stroberi atau nanas, dan sayuran, sebagai contoh brokoli, seledri, dan tomat. Atau cara lain yang kini telah dikembangkan dalam peningkatan asupan vitamin C, dapat Anda tempuh, yakni dengan menggunakan cara olesan dan penyuntikan ke pembuluh darah (intervena). Namun, sebelum melakukan hal ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Memang, hal ini bisa lebih ampuh dan efektif dalam memasukkan asupan vitamin C ke peredaran darah. Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh melalui cara injeksi dipercaya lebih efektif dan lebih terasa khasiatnya karena zat yang terkandung didalamnya langsung masuk ke dalam pembuluh darah. (Stf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar