Senin, 05 Oktober 2015

Anting Dari Persepolis di Persia Kuno



 

Anting adalah asesoris yang cantik dan unik, mampu menyulap penampilan jadi lebih maksimal. Anting memiliki cerita tersendiri. Dari awal ditemukan, perkembangan dari masa ke masa, hingga jenis-jenisnya yang semakin bervariasi. 

Bukti menunjukkan anting sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Pada masa itu anting dipakai oleh para pria sebagai symbol kasta, agama dan identitas bahwa orang tersebut adalah pejuang.
Penemuan anting berawal dari penemuan sebuah arkeologi dari Persepolis di Persia kuno. Dinding istana yang diuir menggambarkan tentara kekaisaran Persia yang memakai anting. Pada zaman tertentu anting dianggap sebagai jimat pelindung yang dipakai oleh banyak prajurit. Dan  kalangan pelaut, anting emas mereka pakai untuk menunjukkan kekayaan dan kehebatan mereka dalam menjelajahi lautan. 

Aksesori telinga ini sempat tenggelam pada abad ke-17 dan pada abad ke-20 setelah ditemukannya model anting jepit dan cara melubangi daun telinga yang tidak sakit disitulah anting mulai berjaya lagi. 

Beberapa jenis anting : Huggy  mengandung arti ‘hugs’. Terlihat dari bentuknya yang kecil dan ukurannya yang pas melingkari daun telinga bawah, Stud anting ini dipakai dengan menembus lubang telinga (mirip seperti sebuah skrup) dan memiliki bantalan di bagian belakang untuk mencegahnya agar tidak terlepas, dan Teardrop bentuknya panjang dan membulat di bagian bawah menyerupai tetesan air mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar