Senin, 05 Oktober 2015

Mengenal Bawang Dayak dari Kalimantan



 
Mungkin sebagian orang masih asing dengan tanaman herba yang satu ini. Tanaman herba asal Borneo ini merupakan salah satu tanaman herba yang dipercaya mendatangkan manfaat kesehatan. Bawang dayak dipercaya berperan sebagai antikanker, pencegah penyakit jantung, peningkat imunitas, antiperadangan, dan antiperdarahan. 

Bawang dayak berasal dari Amerika tropis. Tak heran jika tanaman herba satu ini disebut dengan nama bawang sabrang. Karena untuk mencapai berbagai daerah tertentu, tanaman herba ini harus menyeberang terlebih dahulu. Sementara itu, di Indonesia, tanaman herba ini lebih dikenal dengan nama bawang dayak karena salah satu tanaman khas Kalimantan Tengah. Bahkan, bawang sabrang atau bawang dayak sudah dikembangkan secara khusus sebagai tanaman obat di Kalimantan Tengah.
Bawang dayak mengandung berbagai senyawa aktif meliputi naphtoquinonens dan turunannya, seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, eleuthernone. Selain itu, bawang dayak juga mengandung alkaloid, saponin, triterpenoid, steroid, glikosida, tanin, fenolik, dan flavonoid yang dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan. 

Bawang Dayak juga dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit seperti Insomnia, menyehatkan otot Jantung, membantu mengatasi Kanker Kelenjar Getah Bening, memperkecil radang Amandel, Mengobati Asma, Bisul, Menurunkan kadar Asam Urat, Mengatasi Ambeien, membantu mengobati Kanker Paru – Paru, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Usus, Keputihan, Kista, mengatasi Kolesterol, Mengurangi Nyeri Maag, membantu mengobati Migrain.

Selengkapnya: http://www.eciputra.com/berita-6400-mengenal-bawang-dayak-dari-kalimantan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar