Sabtu, 31 Oktober 2015

Minimal 3 Bulan Bayi Boleh Ditindik




Suatu kebiasaan orang Indonesia menindik bay perempuan setelah kelahiran. Menindik bayi juga perlu memperhatikan beberapa aturan. Dibeberapa tempat, misalnya di Indonesia, tidak ada aturan yang mengatur tentang menindik bayi . Tapi di Amerika menindik bayi baru boleh dilakukan setelah anak berusia diatas 18 tahun. 

Sebaiknya tunggu hingga si kecil berusia minimal 3 bulan. Pada usia tersebut bayi sudah cukup bisa menangani infeksi ringan dan bayi setidaknya sudah mendapatkan satu kali imunisasi.
Yang perlu diperhatikan antara lain ada tidaknya riwayat penyakit darah dalam keluarga. Jika ada kelainan darah pada anggota keluarga sebaiknya keluarga menyampaikan kepada dokter agar diperiksakan dahulu baru dilakukan penindikan. cari tempat menindik yang bersih dan aman. Sebisa mungkin lakukan penindikan di rumah sakit, karena kebersihan dan kesterilannya terjamin agar tidak terjadi risiko penularan berbagai penyakit yang disalurkan lewat darah seperti Hepatitis dan HIV/AIDS. 

Tindik  telinga pada bayi wajib dilakukan oleh dokter anak yang memang sudah berpengalaman. Setelah dilakukan tindik, dokter akan mengoleskan salep antiseptik untuk mencegah infeksi.
Anting dengan bahan emas 24 karat untuk mengurangi risiko alergi pada bayi baru lahir, Karen kulit yang lebih sensitif dibandingkan dewasa. Memilih emas 24 karat akan mengurangi terjadinya alergi pada anak, tetapi tidak menghilangkan kemungkinan alergi 100 persen. 

Bentuk juga perlu diperhatikan. Bentuk simpel dan tidak rumit boleh dipakai karena pada saat terjadi alergi kadang orang tua dan anak tidak sadar sehingga saat sadar telinga anak sudah bengkak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar