Senin, 30 November 2015

Studi: Wajah CEO Makin Rupawan, Perusahaan Makin Untung




Jack Dorsey dikenal sebagai pendiri Twitter dan Square, keduanya sukses. Apakah itu karena wajahnya yang menarik? Studi mengatakan demikian. (Image credit: New Yorker)
Beberapa saat setelah Marissa Mayer, seorang eksekutif Google diangkat menjadi CEO baru Yahoo, harga saham Yahoo yang menunjukkan tren menurun mengalami kenaikan. Menurut Time, harga saham Yahoo sudah naik 73% sejak perempuan cerdas dan berpenampilan menawan ini naik ke tampuk kepemimpinan. Benarkah ada hubungan antara penampilan fisik dan performa keuangan perusahaan yang dipimpin?   

Tampaknya ada. Sejumlah peneliti tertarik dengan bagaimana penampilan fisik mempengaruhi pencapaian politis dan ekonomi seseorang. Bahkan telah ada cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang ini secara intensif: pulchrinomics. Adalah Daniel Hamermesh dari University of Texas yang menjadi pionir dalam bidang ini. Inti teorinya adalah penampilan fisik seseorang yang rupawan membuatnya lebih berpeluang tinggi untuk sukses dalam ekonomi, termasuk mendatangkan laba bagi perusahaan yang dipimpin. 

Dalam sebuah studi tahun 1994, Hamermesh dan Jeff Biddle meneliti pendapatan sejumlah pekerja Kanada dan AS. Saat pekerja-pekerja ini diwawancarai, diketahui bahwa mereka yang memiliki wajah dan penampilan lebih menarik memiliki pendapatan yang rata-rata 5% lebih tinggi dari yang wajahnya cuma rata-rata. Mereka yang kurang menarik dibandingkan yang rata-rata memiliki pendapatan rata-rata lebih rendah 10%. Dan efek ini lebih besar pada kaum Adam daripada Hawa.
Sebuah studi yang lebih aktual menegaskan temuan tadi, bahwa perusahaan dengan CEO lebih menarik secara fisik juga akan menuai laba yang lebih baik. Dua ekonom asal University of Wisconsin merilis makalah yang meneliti 500 perusahaan yang mencapai laba saham lebih tinggi saat nama CEO baru diumumkan. Peneliti menemukan untuk setiap poin dalam hal menariknya tampilan fisik CEO, perusahaan juga secara rata-rata mendapatkan kenaikan 1% dalam harga sahamnya. Ini menyiratkan adanya efek positif yang nyata dari wajah yang tampan dan cantik bagi kesuksesan finansial perusahaan. Selengkapnya: http://www.eciputra.com/berita-4547-studi-wajah-ceo-makin-rupawan-perusahaan-makin-untung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar