Minggu, 29 November 2015

Cara Sederhana Membuat Sushi Roll

http://www.secretsofsushi.com/wp-content/uploads/2014/07/Sushi_web.jpg?7eacfa 
Cara membuat sushi khas negeri Jepang tidak terlalu sulit dan yang diperlukan adalah bahan-bahan dasar yang sebetulnya mudah didapatkan tanpa perlu jauh-jauh datang ke Jepang. Berikut resep membuat sushi Roll yang bisa dicoba sendiri:
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
Untuk membuat nasi:
  • Nasi Jepang (150 gram)
  • Gula pasir dan garam
  • Rice vinegar (1/2 sdm)
  • Air (200 ml)
Untuk membuat isi:
  • Nori (2 lembar ukuran 19 x 20 cm)
  • Mentimun Jepang (8 potong)
  • Teh wijen putih (1sdt) dan teh wijen hitam (1/4 sdt)
  • Avokad (6 potong)
  • Crab Stick (6 buah)
Cara membuat sushi ala negeri sakura:              
  1. Untuk membuat nasinya, cuci beras Jepang terlebih dahulu, kemudian masak dengan air menggunakan rice cooker. Tunggu sampai nasi betul-betul sudah matang.
  2. Setelah nasi matang, tuangkan ke atas nampan, tunggu sampai sudah agak hangat, namun jangan sampai dingin.
  3. Campurkan garam dan gula pasir masing-masing 1/2 sdt dan 1 sdt. Masukkan rice vinegar, kemudian diaduk hingga rata.
  4. Cara membuat sushi roll di rumah dengan memasukkan bahan-bahan yang sudah dicampur rata tadi ke dalam nasi, setelah itu gunakan sendok kayu untuk mengaduk nasinya agar semua bahan bercampur menjadi satu.
  5. Setelah nasi sudah diaduk hingga rata, maka pakai lap bersih yang agak lembab untuk menutup nasi tersebut. Sekarang mulailah mengolah isi sushinya.
  6. Untuk bahan isi, sangrai terlebih dahulu teh wijen putih dan teh wijen hitam. Potong-potong panjang mentimun dan avokad yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk mentimun jangan lupa untuk dibuang bijinya.
  7. Basahi tangan terlebih dahulu sebelum mengepal nasi agar nasi tidak lengket nantunya di tangan. Ambil nasi kira-kira 120 gram dan kepal-kepalkan, setelah itu taruh di atas nori. Dengan menggunakan sendok, ratakan nasi yang ada di atas nori, tetapi sisakan bagian ujungnya kira-kira 1 cm saja untuk cara membuat sushi dengan nori.
  8. Bagian tengah nasi ditaburi teh wijen putih dan teh wijen hitam. Siapkan makhisu atau anyaman bambu yang digunakan untuk menggulung sushi roll. Balik nasi tersebut di atas makhisu, kemudian di atas nasi beri isi sushi yaitu mentimun, avokad, dan crab stick. Susun bahan-bahan isi dengan rapi.
  9. Secara perlahan-lahan nasi mulai digulung dengan norinya, di ujung nori bisa diberi sedikit air agar menempel rekat. Setelah selesai bisa dipotong-potong dan sushi roll ala Jepang bisa disajikan.
Anda juga bisa membuat kreasi isi dari sushi roll seperti menggunakan sosis ayam atau sosis sapi, kemudian sajikan dengan wasabi dan kecap Jepang ataupun mayonaise sebagai pilihan sesuai selera Anda. Itulah resep sederhana untuk cara membuat sushi yang bisa dilakukan di rumah. Selamat Mencoba. (Stf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar