Senin, 23 November 2015

Senam Bukan Hanya Aerobik


Senam adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktifitas gerak baik sebagai olahraga maupun sebagai cabang olahraga lainnya. Secara keseluruhan gerakan senam mengacu pada gerakan yang dilakukan dengan kombinasi secara integratif serta menjelma dari setiap anggota tubuh dari komponen kemampuan motorik seperti ketepatan, agilitas, kekuatan, keseimbangan, dan kecepatan. Istilah senam berasal dari kata gymnastic yang berarti telanjang sedangkan gymnasium berarti tempat yang digunakan sebagai tempat melakukan kegiatan senam. 

Selain senam aerobik yang sering kita kenal, ada juga beberapa jenis senam lainnya:
Senam lantai adalah salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga di sebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 X 12 m dan dapat ditambahkan matras 

sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan. Unsur-unsur gerakannya terdiri mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau ke belakang. 

Bentuk gerakannya merupakan gerakan dasar senam perkakas, bentuk latihannya pada putra maupun puteri pada dasarnya adalah sama, hanya untuk putri dimasukkan unsur-unsur gerakan balet.
Senam artistik adalah salah satu disiplin olahraga senam, dan merupakan cabang sangat populer pada Olimpiade. Pada hari pertandingan seorang pesenam melakukan sebuah rangkaian gerakan singkat (bervariasi mulai dari 30 sampai dengan 90 detik) untuk setiap alat yang berebda, sementara untuk meja lompat membutuhkan waktu yang lebih singkat. 

Senam artistik berada di bawah naungan Federation Internationale de Gymnastique (disingkat FIG) yang menyusun manual penilaian dan regulasi untuk semua aspek dari kompetisi elite internasional. Sementara dalam lingkup nasional, senam diatur oleh masing-masing federasi nasional, British Amateur Gymnastics Association (disingkat BAGA) di Britania Raya, USA Gymnastics (disingkat USAG) di Amerika Serikat, dan Persani di Indonesia. Sumber: http://www.eciputra.com/berita-6593-senam-bukan-hanya-aerobik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar