Senin, 30 November 2015

Mengatasi Ketombe di Rambut

http://images.harianjogja.com/2015/08/ketombe.jpg 
Ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala manusia. Jika digaruk ketombe ini akan rontok ke rambut dan membuat rambut nampak kotor disamping rasa gatal yang dirasakan. Pengelupasan sel kulit mati ini sebenarnya terjadi setiap saat, namun pada kadar yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan juga penampilan. 

Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe sebagaimana ada banyak produk yang tersedia di pasaran baik dalam bentuk shampo ataupun kondisioner. Di bawah ini ada beberapa cara alami untuk menghilangkan dan membasmi ketombe

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Menggunakan Cuka
Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 atau seimbang. Lalu oleskan campuran ini ke rambut secara merata menjlang tidur. Biarkan campuran cuka dan air ini bekerja semalaman hingga di keesokan harinya anda bisa membilas rambut anda. 


Daun pandan
Ambil kira-kira 5 sampai 8 lembar daun pandan. Bersihkan dengan air lalu tumbuk hingga halus. Hasil tumbuhkan kemudian dipindahkan ke wadah untuk diperas airnya. Air hasil perasan pandan tadi bisa anda usapkan ke rambut secara merata. Biarkan sekitar 30 menit agar cairan pandan tersebut bekerja. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air bersih. 


Jeruk Nipis, Santan dan Nanas
Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi ketombe yang paling membandel sekalipun. Siapkan sebuah jeruk nipis dan sepotong nanas kemudian peras hingga anda mendapatkan 100 ml. Hasil perasan ini kemudina dicampur dengan 100 ml santan dan diaduk sampai rata. Baru setlah itu, campuran ketiganya bisa dipakai untuk membasuh rambut anda. Praktekkan secara teratur dua kali seminggu. Ketombe dijamin tidak akan balik lagi. 


Lidah Buaya
Lidah buaya sangat dikenal sebagai bahan penyubur dan pemelihara rambut. Di antara khasiat dari lidah buaya adalah untuk mengusir ketombe. Caranya sebagai berikut. Ambil gel lidah buaya dari satu helai tangkainya (daunnya). Haluskan kemudian anda siap mengoleskannya ke area rambut. Setelah didiamkan kurang lebih 15 menit anda bisa membilas rambut anda sampai bersih. 


Kangkung
Kangung bukan saja bagus untuk kesehatan karena kadar zat besi dan seratnya cukup tinggi. Namun demikian, kangkung ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Caranya cukup mudah. Rebuslah seikat kangkung dengan 2 gelas air minum. Biarkan mendidih sampai hanya tersisa 1 gelas rebusan. Angkat dan dinginkan. Setelah itu air rebusan kangkung tersebut siap untuk dioleskan ke rambut. Biarkan sekitar 30 menit lalu bilas rambut menggunakan shampo.

Demikian tadi beberapa resep yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Jika anda mencobanya secara teratur ketombe kemungkinan besar tidak akan menjadi masalah lagi bagi penampilan rambut anda. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar