Akan
tetapi Digital Marketing Strategy berkembang dari waktu ke
waktu menjadi sesuatu yang essensial, karena time consuming dari
segment yang disasar Seth lebih banyak menghabiskan waktu di
internet dibanding di televisi, maka strategy ini menjadi salah satu
strategy yang memiliki impact yang cukup signifikan bagi
pemasaran.
Objective dari pembuatan digital marketing
strategy adalah gain more profit, provide more sales, & improve
service. Digital marketing bukan dibuat untuk mendapatkan pamor
lebih, lebih dari sekedar itu Digital Marketing Strategy juga merupakan
salah satu tombak yang dapat dipergunakan secara efektif untuk
mendapatkan keuntungan dan awareness lebih dari masyarakat
khususnya target market dari Seth Godin itu sendiri.
Bagaimana
Seth menjual buku-bukunya melalui Internet dan digital Platform? Seth
mencoba mendapatkan awareness awal dengan memberikan sesuatu yang
berharga secara cuma-cuma, mulai dari memberikan speech di
sebuah konferensi, memberikan tips-tips marketing yang luar biasa
melalui situs seperti blog-nya, post video di youtube, tweeting
tentang hal-hal yang segmen-nya butuhkan.
Konteksnya di sini,
Seth memberi kepada segmennya, bukan menawarkan apalagi menjual.
Sehingga yang terdapat dibenak konsumen maupun calon konsumennya
adalah mereka mendapatkan sesuatu yang berharga dari Seth.
Terciptalah kontak emosional yang menyebabkan para calon dan
konsumennya mengaguminya, membicarakannya, sampai memujanya sebagai
internet marketing guru.
Dia tidak pernah secara
terang-terangan menawarkan dan berbicara kepada khalayak bahwa ia
menjual buku, ia mengatakan secara implisit di setiap artikel, video,
konferensi yang ia lakukan. Ia memberikan missing link bagi
para segmennya untuk menjadi penasaran, timbul lah rasa ingin tahu
lebih, hal inilah yang dimanfaatkan betul oleh Seth. Bagaimana ia
mendapatkan profit dan keuntungan hingga bukunya kerap menjadi
best seller?
Ia memberikan wadah yang sangat mudah bagi
mereka yang tertarik. Kita ambil contoh, ketika kita ingin sekali
membeli minuman Fanta dan sudah terbayang-bayang akan hal tersebut, kita akan
segera ke minimarket terdekat untuk mencari dan membelinya, tetapi
ketika kita di dalam minimart dan tidak menemukannya kita akan kecewa
dan kita akan mencari penggantinya agar memuaskan kebutuhan kita.
Hal
inilah yang dimanfaatkan oleh Seth, ketika seseorang tertarik dan ingin
membeli bukunya, ia menyediakan kenyamanan dan kemudahan bagi seseorang
untuk menemukannya. Mulai dari website yang langsung dapat dibeli
produknya, kerja sama dengan Amazon untuk menjadi reseller online,
hingga menggunakan kickstarter.com agar ia mendapatkan bantuan
modal sekaligus mencari awareness akan Next Big Thing-nya. Inilah
beberapa strategi yang menurut saya sangat amat efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar