Senin, 30 November 2015

Mark Cuban: "Cuma Orang Idiot yang Mulai Berbisnis dengan Utang"





Jika saya ditanya hal terpenting bagi seorang calon entrepreneur yang ingin memulai bisnis, saya hanya akan menjawab: "Kejar saja impian Anda itu!"
Maksud saya, yang terpenting dari menjadi entrepreneur ialah semua hal bergantung pada diri Anda sendiri. Banyak orang membuat alasan bodoh untuk memulai bisnis,"Saya tak punya koneksi bisnis yang banyak, saya tidak punya modal, tidak punya ini itu".

Tetapi jika Anda sudah menemukan sesuatu yang Anda sukai dan cintai untuk lakukan, jangan tanggung-tanggung. Jadilah yang terbaik di bidang itu! Dengan begitu, risiko terburuk Anda akan bangkrut tapi mampu menghabiskan waktu melakukan hal yang begitu Anda sukai dan hal yang terbaik yang bisa Anda capai adalah mengubah passion itu menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Pokoknya jangan memikirkan kendalanya saja. Fokus saja pada apa yang bisa Anda lakukan sekarang. 

Namun satu hal yang patut dicamkan bagi Anda yang membutuhkan modal: memulai bisnis dengan berutang itu tindakan orang bodoh

Mengapa?
Karena ada begitu banyak unsur yang tidak pasti dalam memulai bisnis. Namun, satu hal yang sudah pasti harus Anda lakukan ialah membayar lunas pinjaman itu bagaimana pun caranya.
Bank tak menghiraukan kondisi bisnis Anda atau siapa pun yang Anda ajak berbisnis. Keluarga pun tidak bisa sepenuhnya menolong. 

Jadi ini bukan masalah modal kecil atau besar. Memulai bisnis lebih mengarah pada seberapa besar upaya dan jerih payah kita agar tidak gagal karena kendala keterbatasan modal itu. Banyak orang tidak mampu bekerja dengan cerdas dengan memanfaatkan tenaga, waktu dan semuanya dengan lebih taktis. 

Karena itulah, sebagai entrepreneur baru, Anda harus dan wajib mengetahui seluk beluk industri di mana Anda bergerak dan perusahaan yang Anda jalankan dengan sebaik mungkin, sampai-sampai tidak ada orang lain yang bisa sebaik penguasaan Anda. Karena Anda harus bersaing! Dan Anda tidak boleh kalah jika mau bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar