Senin, 16 November 2015

Kekuatan, Kecepatan dan Keserasian Gerakan Fisik




Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus. 

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, maupun di sekolah. Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri. 

Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru. 

Selama aerobik, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida. 

Aturan latihan senam aerobik:
a)    Pemanasan adalah persiapan emosional, psikologis, dan fisik untuk melakukan latihan. Tujuan latihan pemanasan adalah menaikkan denyut jantung secara berangsur-angsur, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh.
b)    Gerakan Inti Aerobik merupakan gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.
c)    Gerakan Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung supaya kembali mendekati normal dilakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah. 

Senam aerobik dapat dibagi sebagai berikut:
a)    Low impact aerobik: senam aerobik gerakan ringan.
b)    Higt impact aerobik: senam aerobik gerakan keras.
c)    Discorobik: kombinasi antara gerakan ringan dan keras.
d)    Rockrobik: kombinasi antara gerakan ringan dan keras.
e)    Aerobik sport: kombinasi antara gerakan aerobik keras dan ringan.
f)     Aerobik dance: senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar