Senin, 16 November 2015

Pulau di Sebelah Tenggara Bali




Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. 

Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida , Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. 

Nusa Penida adalah sebuah pulau (nusa) yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point. 

Untuk bisa mencapai pulau ini bisa dari Kusamba, Padangbai dan Sanur dengan menggunakan kapal cepat. Jika ingin menikmati perjalanan dengan berbagai macam sensasi dan termasuk permainan watersport, bisa ikut kapal pesiar lokal Quicksilver Cruise yang berlayar dari Tanjung Benoa. Sarana-sarana transportasi yang disediakan untuk penyebrangan ini bisa disesuaikan, apakah untuk kunjungan wisata atau Tirta Yatra (sembahyang). 

Wilayah ini terkesan kering dengan tekstur tanah berkapur, dengan didominasi dataran tinggi perbukitan. Mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan, petani dan pedagang, generasi mudanya banyak yang merantau keluar daerah. 

Yang paling menarik bagi wisatawan tentu adalah pemandangan bawah lautnya yang menjadi kawasan objek wisata untuk diving dan snorkeling, dengan kondisi air yang jernih anda juga bisa berenang dengan sepuasnya, beragam tempat menarik dengan keindahan bawah lautnya adalah Toya Pakeh, Crystal Bai, Pantai Ped, malibu point, Batu Lumbung dan malta Point yang banyak ikan Malta dan ikan parinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar