Kamis, 28 Januari 2016

'Pankreas Buatan' Bantu Pasien Diabetes Tipe 1 Kendalikan Gula Darahnya



Sebuah perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan iPhone terbukti bisa efektif membantu pasien diabetes tipe 1 untuk mengendalikan gula darah mereka setiap saat.

Peneliti diabetes baru-baru ini mengembangkan dan menguji sebuah perangkat yang berfungsi memantau dan mengatur gula darah. Studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine ini mengatakan peragkat tadi menunjukkan potensi untuk lolos dari uji awal.

Perangkat yang disebut "pankreas buatan" ini sudah dalam tahap pengembangan selama beberapa tahun. Versi terbarunya sebetulnya adalah ponsel iPhone 4S yang dimodifikasi untuk mengkomunikasikan pesan dengan perangkat pemantau glukosa, dua pompa dan cadangan insulin dan glukagon.


Pompa insulin yang ada yang digunakan oleh sepertiga penderita diabetes jenis 1 membantu mengatur insulin, hormon yang menurunkan tingkat gula darah. Namun, pompa seperti itu tidak bisa mengatur glukagon, hormon yang meningkatkan gula darah dan bekerja bersama dengan insulin untuk mengendalikan gula darah di kadar yang wajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar