Minggu, 27 Desember 2015

Pastikan Makanan Dalam Keadaan Baik

http://papasemar.com/wp-content/uploads/2015/07/jgn-simpan-makanan-ini-di-kulkas-1110x400.jpg 
Makanan jika tidak disimpan dengan baik akan menjadi tempat untuk bakteria membiak dan perubahan kimia akan berlaku. Selalu pastikan makanan berada dalam keadaan yang selamat dan baik untuk dimakan. Menyimpan dengan betul akan membantu makanan tidak menjadi basi, tercemar dan mubazir.

Makanan yang telah dimasak bisa saja tercemar walaupun bercampur dengan sedikit saja bahan mentah. Maka dari itu cermati sifat bahan makanan yang hendak disimpan. Dari sini akan tahu cara tepat memperlakukan dan menyimpannya. Sehingga dapat menghemat waktu dengan menyimpan bahan makanan segar di kulkas beberapa waktu.

Ikan dan ayam bisa dapat disimpan di dalam kotak bertutup setelah dibersihkan. Demikian pula daging, masukkan di freezer. Lebih tahan lama lagi, apabila ayam dan daging diungkep, dimasak setengah matang bisa diberi jahe dan bawang putih agar beraroma sedap.
Untuk bahan makanan kering dalam lemari sendiri beri label jika telah dibuka untuk mencantumkan tanggal dibuka. Sebaiknya, masukkan ke dalam wadah bertutup yang kedap udara agar lebih tahan lama. Cek juga kadaluarsa dan kondisi bahan makanan kering 1 - 2 minggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar